Kurikulum Teknik Informatika

Kurikulum Teknik Informatika 2011/2015

SEMESTER: I
No KODE MATA KULIAH SKS
1 MPK131 Agama 3
2 MPK132 Bahasa Indonesia 3
3 MKB123 Bahasa Inggris 2
4 MKK124 Kalkulus I 2
5 IN1A35 Algoritma & Pemrograman I 3
6 IN1A36 Pengantar Teknologi Informasi 3
7 IN1A37 Teknik Digital 3
8 IN1A18 Praktikum Algoritma & Pemrogman I 1
9 IN1A19 Prakt. Dasar Komputer 1
Total 21
SEMESTER: II
No KODE MATA KULIAH SKS
1 MPK231 Pend Pancasila & kewarganegaraan (PPKN) 3
2 MKK222 Kalkulus II 2
3 MKK233 Aljabar Linier & Matrik 3
4 IN2A34 Algoritma & Pemrograman II 3
5 IN2A25 Kecakapan Antar Personal 2
6 IN2A36 Arsitektur & Organisasi Komp 3
7 IN2A37 Struktur Data 3
8 IN2A18 Prakt Algoritma & Pemrograman II 1
Total 20
SEMESTER: III
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN3A31 Sistem Operasi 3
2 IN3A12 Prakt Sistem Operasi 1
3 IN3A23 Komputasi Numerik 2
4 IN3A34 Matematika Diskrit 3
5 IN3A25 Algoritma & Pemrograman Lanjut 2
6 IN3A36 Sistem Basis Data 3
7 IN3A37 Interaksi Manusia & Komputer 3
8 IN3A38 Riset Operasional 3
9 IN3A19 Praktikum Sistem Basis Data 1
Total 21
SEMESTER: IV
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN4A31 Pemrograman Berorientasi Objek 3
2 IN4A32 Teori Graph & Automata 3
3 IN4A33 Rekayasa Perangkat Lunak 3
4 IN4A34 Desain dan Pemrograman Web 3
5 IN4A35 Statistika Probabilitas 3
6 IN4A36 Jaringan Komputer 3
7 IN4A17 Praktikum Pemrograman Web 1
8 IN4A18 Prakt. Jaringan Komputer 1
Total 20
SEMESTER: V
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN5A31 Kecerdasan Buatan 3
2 IN5A22 Riset Teknologi Informasi 2
3 IN5A33 Sistem Informasi 3
4 IN5A34 Pemrograman Framework 3
5 IN5A35 Sistem Basis Data Lanjut 3
6 IN5A36 Pemrograman Jaringan 3
7 IN5A27 Kerja Praktek 2
8 IN5A18 Praktikum Pemrograman Framework 1
Total 20
SEMESTER: VI
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN6B11 Matakuliah Wajib Bidang Minat 15
2 IN6A12 Kuliah Kerja Nyata 1
3 IN6A33 Technopreneurship 3
Total 19
SEMESTER: VII
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN7B11 Matakuliah Wajib Dan Pilihan Bidang Minat 15
2 IN7A22 Sosio dan Etika 2
3 IN7A13 Ujian Kompetensi 1
Total 18
SEMESTER: VIII
No KODE MATA KULIAH SKS
1 IN8A51 Tugas Akhir 5
Total 5
TOTAL SKS = 144
 MATA KULIAH BIDANG MINAT
No KODE MATA KULIAH SKS
 Bidang Minat Jaringan Cerdas Multimedia (Wajib)
SEMESTER: VI
1 IN6M31 Kecerdasan Buatan Game 3
2 IN6M32 Augmented Reality (AR) 3
3 IN6M33 Pengolahan Bahasa Manusia (NLP) 3
4 IN6M34 Pemrograman Berorientasi Object Game 3
5 IN6M35 Skenario dan Desain Game 3
SEMESTER: VII
1 IN7M31 Pemrograman Animasi 3
2 IN7M32 Pemodelan 3D (Blender, 3D Max, Unity) 3
3 Matakuliah Pilihan Bidang Minat 9
Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak (Wajib)
SEMESTER: VI
1 IN6R31 Manajemen Proyek Perangkat Lunak 3
2 IN6R32 Object Oriented & Aspect Oriented SE 3
3 IN6R33 Pemodelan perangkat lunak 3
4 IN6R34 Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak 3
5 IN6R35 Pola dan Arsitektur Perangkat Lunak 3
SEMESTER: VII
1 IN7R31 Requirement Engineering 3
2 IN7R32 Penjaminan Mutu PL 3
3 Mata Kuliah Pilihan Bidang Minat 9
 Bidang Minat Sistem Cerdas (Wajib)
SEMESTER: VI
1 IN6C31 Data Mining 3
2 IN6C32 Data Warehouse 3
3 IN6C33 Sistem Pendukung Keputusan 3
4 IN6C34 Analisis dan Desain Sistem 3
5 IN6C35 Sistem Pakar 3
SEMESTER: VII
1 IN7C31 Knowledge Base System 3
2 IN7C32 Topik Khusus Intelligence System 3
Matakuliah Pilihan Bidang Minat 9
 Bidang Minat Pemrograman Perangkat Keras (Wajib)
SEMESTER: VI
1 IN6P31 Rangkaian Listrik 3
2 IN6P32 Rangkaian Elektronika 3
3 IN6P33 Mikroprosessor 3
4 IN6P34 Mikrokontroler 3
5 IN6P35 Interfacing 3
SEMESTER: VII
1 IN7P31 Sistem Kendali Cerdas 3
2 IN7P32 Topik Khusus: Robotika 3
Matakuliah Pilihan Bidang Minat 9
 MATA KULIAH BIDANG MINAT (PILIHAN)
No KODE MATA KULIAH SKS
 Bidang Minat Jaringan Cerdas Multimedia (Pilihan)
1 IN7M33 Mobile Game Programming 3
2 IN7M34 Network Game Programming 3
3 IN7M35 Game Engine Programming 3
4 IN7M36 Desain Karakter Game 3
5 IN7M37 Visi Komputer 3
6 IN7M38 Jaringan Multimedia 3
7 IN7M39 Topik Khusus Komputasi  Cerdas dan Visualisasi 3
 Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak (Pilihan)
1 IN7R33 Evolusi Perangkat Lunak 3
2 IN7R34 Audit Tata Kelola TI 3
3 IN7R35 Topik Khusus Rekayasa Perangkat Lunak 3
4 IN7R36 Arsitektur Perangkat Lunak 3
5 IN7R37 Analisis dan Manajemen Resiko 3
6 IN7R38 Component Based Software Engineering 3
7 IN7R39 Web Engineering 3
 Bidang Minat Sistem Cerdas (Pilihan)
1 IN7C33 Natural Language Processing 3
2 IN7C34 Geographical Information System 3
3 IN7C35 Digital Intelligence 3
4 IN7C36 Elearning 3
5 IN7C37 Ecommerce 3
6 IN7C38 Egoverment 3
7 IN7C39 Mobile Programming 3
 Bidang Minat Pemrograman Perangkat Keras (Pilihan)
1 IN7P33 Otomasi Industri 3
2 IN7P34 Sensor & Aktuator 3
3 IN7P35 Pengolahan Sinyal Digital 3
4 IN7P36 Pembelajaran Mesin 3
5 IN7P37 Optimasi Non-Linier 3
6 IN7P38 Sistem Non-Linier 3
7 IN7P39 Computer Vision 3

Download dalam format PDF: Daftar MK Kurikulum Informatika 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website