Profil Teknik Informatika

<| SEJARAH BERDIRI

Prodi Teknik Iformatika didirikan pada tahun 1992 dibawah naungan Fakultas Teknik – Universitas DR. Soetomo Surabaya yang memiliki 4 bidang Minat, yaitu :

  1. Sistem Cerdas (SC)
  2. Jaringan Cerdas Multimedia (JCM)
  3. Rekasaya Perangkat Lunak (RPL)
  4. Pemrograman Perangkat Keras (PPK)
<| VISI

Pada tahun 2020 Program Studi Teknik Informatika menjadi lembaga pendidikan dan penelitian yang unggul secara nasional pada bidang sistem cerdas.

 

<| MISI

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang efektif, efisien, akuntabel dan berkelanjutan.
  2. menghasilkan lulusan yang sarjana Teknik Informatika yang unggul dibidang sistem cerdas.
  3. Mengembangkan penelitian sistem cerdas melalui penelitian berkelanjutan dan terukur.
  4. Menghasilkan produk aplikasi terapan dalam bidang sistem cerdas yang tepat guna dan berdaya guna.
  5. Menyebarluaskan dan menerapkan  hasil penelitian melalui kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

<| TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan di bidang Teknik Informatika dengan kekhususan pada sistem cerdas dan jaringan cerdas multimedia, yang kompeten, mandiri, modern, dan beretika sehingga mampu bersaing di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang inovatif dan tepat guna yang berdampak langsung pada masyarakat.
  3. Menghasilkan produkinovatif dan kreatif di bidang ICT untuk pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan, bimbingan dan konsultasi oleh sivitas akademika.
  4. Memiliki jaringan antar lembaga dalam bentuk kerjasama nasional.

<| KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Umum

  1. Memiliki pengetahuan pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi denganintegritas kepribadian yang dilandasi karakter keislaman dan kebangsaan.
  2. Kompetensi umum ini dirinci menjadi kompetensi keilmuan (knowledge andunderstanding), keahlian (skill), kemampuan (ability), dan kepribadian (attitude)sebagai berikut.

Kompetensi Keilmuan:

  1. Memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara kerja komputer dan arsitektur sistem teknologi informasi, beserta hubungan antar komponen-komponenpenyusunnya.
  2. Memiliki kemampuan merancang dan mengembangkan algoritma dasar dan produkpiranti berbasis digital untuk memecahkan masalah nyata.
  3. Memahami bidang ilmu jaringan dan keamanan komputer, multimedia dan visikomputer, sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, komputasi dan sistemcerdas, dan/atau jaringan cerdas multimedia (game technology).

Kompetensi Keahlian:

  1. Mampu menerapkan teknik, metodologi, dan piranti pengembangan sistem komputermodern yang efektif dan handal dalam suatu infrastruktur teknologi informasi.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan membuat formulasi penyelesaian terhadap permasalahan yang berkaitan dengan bidang komputer dan teknologi informasi, khususnya pada bidang jaringan dan keamanan komputer, multimedia dan visi komputer, sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, komputasi dan sistem cerdas, serta jaringan cerdas multimedia (game technology).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website