Profil Prodi Teknik Informatika

<| SEJARAH BERDIRI

Prodi Teknik Iformatika didirikan pada tahun 1992 dibawah naungan Fakultas Teknik – Universitas DR. Soetomo Surabaya yang memiliki 4 bidang Minat, yaitu :

  1. Sistem Cerdas (SC)
  2. Jaringan Cerdas Multimedia (JCM)
  3. Rekasaya Perangkat Lunak (RPL)
  4. Pemrograman Perangkat Keras (PPK)
<| VISI

Menjadi Program Studi (Prodi) yang berkarakter kerakyatan, kreatif,inovatif dan unggul di bidang TI tingkat nasional pada tahun 2016, dimana:

  1. Berkarakter kerakyatan, yaitu mampu mengembangkan dan memanfaatkan Teknologi yang terjangkau untuk segala lapisan masyarakat serta mampu mengembangkan TI tepat guna/aplikatif/memasyarakat.
  2. Kreatif, yaitumampu berinovasi secara kreatif dibidang TI.
  3. Inovatif, yaituinovatif dalam menghasilkan karya dibidang TI dengan memanfaatkan teknologi yang terjangkau untuk lapisan masyarakat (open source).
  4. Unggul, yaitumempunyai ciri khas dan karakteristik yang berbeda, sehingga akan menghasilkan lulusan yang unggul.

<| MISI

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran yang mampu membekali mahasiswa dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan  proses  pembelajaran  berbasis  kompetensi  bidang informatika.
  3. Melaksanakan penelitian dan kegiatan inovatif di bidang Teknologi Informasi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat
  4. Meningkatkan  pemanfaatan  teknologi  informasi  untuk masyarakat.
  5. Menjalin  kemitraan  dengan  berbagai  lembaga.

<| TUJUAN

  1. Menghasilkan  lulusan  yang  kompeten  sesuai dengan bidang minatyang dipilih, yaitu Jaringan Cerdas Multimedia (game)Rekayasa Perangkat Lunak (sistem informasi),  Sistem Cerdas (intelligence system) dan Pemrograman Perangkat Keras (robot).
  2. Menyiapkan mahasiswa menjadi Sarjana Komputer yang profesional sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Membekali mahasiswa dengan konsep keilmuan di bidang Informatika yang kuat sehingga mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi informasi.
  4. Membekali mahasiswa dengan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan usaha.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing untuk berkompetisi di tingkat nasional

<| KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Umum

  1. Memiliki pengetahuan pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi denganintegritas kepribadian yang dilandasi karakter keislaman dan kebangsaan.
  2. Kompetensi umum ini dirinci menjadi kompetensi keilmuan (knowledge andunderstanding), keahlian (skill), kemampuan (ability), dan kepribadian (attitude)sebagai berikut.

Kompetensi Keilmuan:

  1. Memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara kerja komputer dan arsitektur sistem teknologi informasi, beserta hubungan antar komponen-komponenpenyusunnya.
  2. Memiliki kemampuan merancang dan mengembangkan algoritma dasar dan produkpiranti berbasis digital untuk memecahkan masalah nyata.
  3. Memahami bidang ilmu jaringan dan keamanan komputer, multimedia dan visikomputer, sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, komputasi dan sistemcerdas, dan/atau jaringan cerdas multimedia (game technology).

Kompetensi Keahlian:

  1. Mampu menerapkan teknik, metodologi, dan piranti pengembangan sistem komputermodern yang efektif dan handal dalam suatu infrastruktur teknologi informasi.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan membuat formulasi penyelesaian terhadap permasalahan yang berkaitan dengan bidang komputer dan teknologi informasi, khususnya pada bidang jaringan dan keamanan komputer, multimedia dan visi komputer, sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, komputasi dan sistem cerdas, serta jaringan cerdas multimedia (game technology).