Enrichment of Career by Knowledge of Language and Literature X Gender Issues on Languange, Literature and Culture



Sabtu, 12 November 2022, Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo Surabaya akan menyelenggarakan acara “Seminar Internasional ECKLL (Enrichment of Career by Knowledge of Language and Literature) X”. Tahun ini tema yang akan diusung pada Seminar Internasional ECKLL X ini adalah ‘Gender Issues on Languange, Literature and Culture’. Isu ini menjadi topic  hangat sekaligus keprihatinan bagi UNICEF dan yayasan Hak Manusia di berbagai dunia, terutama semenjak covid-19 muncul, sehingga membawa dampak besar bagi kehidupan manusia.



Dalam rangka menunjukkan perhatian yang dalam terhadap isu-isu gender tersebut, Seminar Internasional ECKLL X berusaha dengan turut menyumbangkan ide-ide yang bermanfaat dari sudut pandang sastra, bahasa, pendidikan, dan budaya terhadap ketidaksetraan gender. Fokus isu gender yang diusung dalam Seminar Internasional ECKLL X mencakup beberapa bidang diantaranya Language, Lingustics, Literature, Teaching, Information Technology, Business and Communication, Culture and Arts, Human Resources, dan Creative Industry 4.0.

Acara ini akan disambut oleh Ibu Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.H., selaku Rektor Universitas Dr. Soetomo. Beberapa keynote speakers dari dalam dan luar negeri turut berpartisipasi dalam acara ini, yaitu:

1.      Dr. Andrea Carroll, Cert.ED/PGCE., M.A. (Pendiri Bali Dyslexia Foundation)

2.      Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., MM. (Kepala LLDIKTI Wilayah 7)

3.      Susy Ong, Ph.D. (Universitas Indonesia)

4.      Du'aa Ahmad Nahrawi, S.E., S.Pd., M.M., (Praktisi penerjemah bahasa Arab).

5.      Prof. Faisal Mahmoud Adam Ibrahim (Universitas Al-Qur'an Al-Kareem)


Seminar Internasional ECKLL X akan berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Dan dilakukan seacara daring melalui Zoom Meeting. Selain itu, di tahun pelaksanaan yang ke-10 ini, seminar ini akan bekerja sama dengan beberapa pengelola jurnal, sehingga para presenter memiliki kesempatan untuk mempublikasikan artikelnya ke beberapa jurnal yang telah bekerja sama dengan panitian ECKLL X, antara lain: Pioneer: Journal of Language and Literature  (UNARS), Jurnal Sakura: Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang (UNUD), Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra (UPI).

Bagi peserta yang ingin bergabung bisa segera menghubungi no 0821-4290-6760 (WhatsApp: Hendri Zuliastutik) untuk lebih lanjut. 

Share this Post