Mahasiswa KKN Unitomo Desa Gisik Cemandi Aksi Kembangkan Wisata Religi


Minggu (12/12), bertempat di Desa Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama remaja karang taruna desa melakukan kerja bakti wisata religi Pesarean Buyut Mas’ajeng Dewi Reni Sekar Dadu, yang pada sejarahnya merupakan Ibunda Sunan Giri.

Dalam arahannya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok Desa Gisik Cemandi, Basuki Nugroho mengungkapkan beberapa versi menyebutkan ada sekitar tiga hingga tujuh makam Buyut Mas’ajeng Dewi Reni Sekar Dadu, di mana dua diantaranya diyakini ada di Kabupaten Sidoarjo. “Tentunya kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi mahasiswa dalam menjalankan salah satu program tentang wisatanya, ikut melestarikan jejak wisata religi yang ada”, jelasnya.

 

Basuki menambahkan potensi pengembangan desa wisata religi akan menjadi salah satu ikon wisata desa. “Kerja bakti ini adalah salah satu bentuk upaya mahasiswa meningkatkan kesadaran serta mengajak masyarakat dalam mengembangkan salah satu wisata religi di Desa Gisik Cemandi”, imbuhnya.

 

Ari, salah satu warga menyampaikan keinginan para masyarakat untuk dibantu mahasiswa KKN dalam pengembangan aspek wisata. “Salah satu wisata yang kami miliki yaitu Pesarean Buyut Mas’ajeng Dewi Reni Sekar Dadu. Terima kasih adik-adik KKN telah berkontribusi membersihkan dan ikut mempromosikan wisata religi kami ” ungkapnya.

 

Pada sesi itu pula, Kepala Desa Gisik Cemandi, Muhammad Alimin berharap agar mahasiswa KKN dapat mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan daya tarik Pengambangan Wisata Religi. “Kami akan mendampingi mahasiswa KKN dengan bersama teman-teman karang taruna. Semangat anak-anak muda ku”, jelasnya.

Share this Post