Sri Een Hartatik, Alumni Teknik Informatika yang Menjadi Peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)


Seingat saya Juli tahun lalu saya menghubungi seorang alumni Prodi Teknik Informatika Unitomo yang terbilang sukses dalam dunia akademik. Saat itu saya membutuhkan profil alumni sukses untuk ditampilkan di kegiatan Dies Natalis Unitomo. Alumni tersebut bernama Sri Een Hartatik, S.Kom., M.I.L., M.Sc., Ph.D.

Hari ini (19/4/2022) saya mendapatkan pesan di media sosial dari Mbak Een -- demikian saya biasa memanggilnya. Dalam pesan tersebut Mbak Een mengabarkan kalau saat ini bekerja sebagai peneliti di BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) sejak 3 bulan lalu. Mbak Een juga menawarkan kerjasama penelitian dan bersedia sebagai pembimbing bila ada mahasiswa yang memerlukan bimbingan untuk penelitian tugas akhirnya.

Buat saya, ini berita yang sangat menggembirakan karena seorang alumni sukses di bidang akademik dan bisa berkontribusi pada lembaga nasional sekelas BRIN. Selain itu, seorang alumni yang masih ingat dengan almamaternya juga merupakan suatu hal yang membanggakan.

Mungkin perlu sedikit saya sampaikan profil dari Mbak Een di sini yang gelar S1-nya dari Prodi Teknik Informatika Universitas Dr. Soetomo tahun 2005-2012. Saat itu Mbak Een kuliah sambil bekerja di sebuah perusahaan teknologi komunikasi. Setelah lulus, Mbak Een melanjutkan pendidikannya S2-nya di Universitas Padjajaran pada Program Magister Ilmu Lingkungan tahun 2013-2014. Ini cukup menarik, karena latar belakang pendidikan S1 dari Teknik Informatika, kemudian memperdalam ilmu di bidang ilmu lingkungan.

Pendidikan S2 Mbak Een tidak hanya ditempuh di Indonesia saja. Berkat program kerjasama Unpad dengan Mie Unniversity Jepang, Mbak Een menempuh program Double Degree untuk kuliah dan melakukan penelitian di Jepang pada tahun 2014-2015 hingga mendapatkan gelar M.Sc pada bidang Bioresources. Atas rekomendasi supervisornya, Mbak Een langsung melanjutkan pendidikan S3-nya di kampus yang sama pada tahun 2015-2019 hingga meraih gelar Ph.D.

Selama menempuh pendidikan di Jepang, Mbak  Een juga sempat bekerja paruh waktu sebagai penerjemah hingga mengembangkan hobbynya sebagai halal food blogger. Setelah lulus S3, Mbak Een sempat bekerja penuh waktu sebagai  International Administration Officer di Mie University pada 2019-2020. Baru pada tahun 2021 akhir, mengambil kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS di BRIN.

Demikian cerita singkat dari seorang alumni Prodi Teknik Informatika yang begitu 'nekat' dan penuh semangat untuk mewujudkan mimpinya meraih pendidikan tinggi dengan kerja keras dan penuh ketekunan, hingga akhirnya saat ini bekerja sebagai seorang peneliti di BRIN.

Saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga berkah dan dimudahkan semua usahanya untuk mencapai visi dan misinya.

Amin dong.... :D

Share this Post