Studi Lapangan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil ke Proyek PT. Waskita Bumi Wira Jalan Tol Krian-Gresik


Hari ini kamis (15/12/2022), mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Sipil Universitas Dr. Soetomo Surabaya mengadakan studi lapangan ke Proyek jalan tol krian-Gresik dari PT. Waskita Bumi Wira. Kegiatan studi lapangan tersebut dipimpin oleh Ibu Lidya Octaviani B, S.T., M.T. selaku Ketua Prodi Teknik Sipil dan 68 mahasiswa serta didampingi 5 dosen tetap prodi Teknik Sipil. Kegiatan ini sebagai bagian dari pembelajaran secara langsung kepada mahasiswa dan dosen, bagaimana konsep dan teori di bangku kuliah dapat diimplementasikan di lapangan. Selain itu dibahas juga rencana tindak lanjut kegiatan yang akan dituangkan dalam bentuk MoU antara Universitas Dr. Soetomo dengan PT. Waskita Bumi Wira dalam waktu dekat.

Kegaiatan diawalai dengan dosen dan mahasiswa berkumpul dan berangkat dari kampus pukul 07.45 pagi, sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh manajemen PT. Waskita Bumi. Sesampai di lokasi, mereka disambut dengan sangat baik dan raman oleh pimpinan perusahaan dan tim perencana serta pelaksana pembanguan jalan tol tersebut. Dosen dan mahasiswa dipersilahkan untuk menempati ruang pertemuan. Pada kesempatan tersebut, dipaparkan bagaimana konsep perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut yang ternyata sangat bermanfaat untuk memotong waktu tempuh kendaraan dari Krian ke gresik, karena tidak harus melewati ruas tol Waru-Perak-Gresik.

Selain diberikan paparan berupa animasi model 3D proyek jalan tol dan penjelasan teknis lainnya, mahasiswa dan dosen juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi ruas tol yang sudah siap diresmikan nanti pada 20 Desember 2022, bertepatan dengan hari jalan tahun 2022. Diharapkan, tahun depan jalan tol Krian-Gresik tersebut sudah dapat digunakan untuk memperlancar arus barang dan manusia dari dan ke Gresik. Semoga peresmiannya berjalan lancara, dan dapat membawa manfaat bagi pembangunan nasional.

Terimakasih kepada manajemen PT. Waskita Bumi Wira atas kerjasama yang baik untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Dr. Soetomo Surabaya.


Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil berangkat dari kampus tercinta.

Foto bersama di Tunnel 5 sebagai Landmark dari jalan tol Krian-Gresik.


Foto lainnya













Share this Post