Tim PKM Unitomo Tingkatkan Kualitas Penulisan Buku dengan Aplikasi Berbasis Web



Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) yang diketuai Ika Devy Pramudiana, Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan beberapa anggotanya dari unsur dosen dan mahasiswa upayakan pengembangan mitra. Ditemui di ruang Tata Usaha (TU) FIA, Ika mengatakan timnya fokus menangani permasalahan yang dihadapi mitra Penulisan Buku, yakni Unitomo Press. “Saya dibantu anggota yang terdiri dari dosen yakni pak Sapto Pramono, ibu Sri Roekminiati dari FIA serta Bu Sayyidatul Khoiridah dari Dosen Fakultas Teknik atau FT. Kami juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan ini, yakni Pamudi mahasiswa FIA, kemudian Anita Fatmawaty Effendi dan Xylorina Dewi Paramith keduanya mahasiswa FT. Semua bersinergi memecahkan persoalan yang terjadi pada Unitomo Press”, ungkapnya.


Ika menambahkan, ketika di lapangan pada (18/08) lalu menemukan tiga permasalahan yang disepakati, diantaranya mitra belum ada aplikasi yang mampu menfasilitasi pencatatan penjualan buku dalam bentuk cetak ataupun digital, kedua belum ada aplikasi yang mampu menfasilitasi penulis dari mulai menulis naskah, menyunting naskah, hingga terbit dalam bentuk buku digital, permasalahan ketiga belum melakukan pelayanan yang baik terkait pelatihan dan arahan tentang cara penulisan buku, penyuntingan buku, serta layout dan ilustrasi buku. “Sejak bulan lalu melakukan pengabdian, kami memberikan solusi atas permasalahan tersebut, pertama membuat aplikasi yang mampu menfasilitasi pencatatan penjualan buku dalam bentuk cetak ataupun digital, kedua membuat aplikasi yang mampu menfasilitasi penulis dari mulai menulis naskah, menyunting naskah, hingga terbit dalam bentuk buku digital, dan ketiga memberikan pelatihan dan arahan tentang cara penulisan buku, penyuntingan buku, serta layout dan ilustrasi buku”, imbuhnya.


Sementara itu, Amirul Mustofa, sebagai reviewer pada saat monitoring dan evaluasi (monev) internal, mengatakan kegiatan yang dilakukan sangat memberikan manfaat bagi mitra. “Transfer of knowlage tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi mitra untuk dapat mengembangkan hasil karya, dalam hal ini penerbitan buku pada mitra Unitomo Press”, ujarnya yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik, Senin (14/11).


Berangkat dari Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) No. 44 tahun 2015 tentang kewajiban Perguruan Tinggi untuk memiliki rencana strategis pengabdian kepada masyarakat, hal inilah yang mendorong TIM PKM Unitomo yang diketuai Ika Devy Pramudiana untuk melakukan pengabdian pada mitra bidang penerbitan buku. Tentunya, program ini diharapkan menginisiasi terbentuknya kolaborasi di wilayah atau kawasan mitra terkait yang diindikasikan dengan meningkatnya kualitas hidup dan apresiasi masyarakat terhadap dunia perguruan tinggi. Serta hubungan harmonis antara dunia perguruan tinggi, Dunia Usaha, dan Dunia Industri (DUDI) dan masyarakat dapat terjalin lebih erat.



Share this Post