Penutupan Pelatihan Drafting dan Publikasi ke Jurnal Bereputasi


Hari ini (03/01/2023) dilaksanakan penutupan kegiatan Pelatihan Drafting dan Publikasi ke Jurnal bereputasi di Laboratorium Komputer Fakultas Teknik Unitomo oleh dekan, Bapak Dwi Cahyono, S.Kom.,MT. Pelatihan yang dimulai sejak nopember 2022 tersebut menghasilkan beberapa draft jurnal yang siap di-submit ke jurnal target.

Sebagai informasi, pelatihan yang dipandu oleh Ibu Anik Vega Vitianingsih, S.Kom.,MT tersebut dibagi dalam beberapa sesi, terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Pengantar publikasi dan inisiasi. Datang saja tanpa membawa draft paper tidak apa-apa.
  2. Pemanfaatan Mendeley dan pemilihan jurnal target. Perlu membawa notebook.
  3. Drafting bersama. Perlu membawa notebook dan bahan publikasi.
  4. Penyempurnaan Drafting. Tetap membawa notebook.
  5. Koreksi Draft dan Finalisasi Paper
  6. Translate ke bahasa Inggris (untuk target jurnal Scopus atau Sinta 2). Tools: Grammarly + Turnitin 

Dalam penutupan, Pak Dwi memberikan penilaian positif terhadap kegiatan pelatihan tersebut. Namun ada beberapa catatan yang menjadi perhatian, yang dituangkan dalam beberapa poin berikut:

  1. Pelatihan tersebut bagus sekali, namun belum banyak diminati oleh para dosen. Mungkin perlu motivasi lebih lanjut. Kaprodi seharusnya wajib memberi  contoh dengan turut serta dalam pelatihan tersebut.
  2. Manfaat pelatihan tersebut tidak hanya untuk personal dosen, tetapi juga  untuk akreditasi lembaga, karena semakin banyak dosen yang memiliki jabatang fungsional yang tinggi, penilaian akreditasi akan semakin bagus.
  3. Dekanat perlu merumuskan reward untuk meningkatkan semangat dosen mempublikasikan ke jurnal bereputasi. Misal dengan memberikan bantuan biaya publikasi maupun aturan kewajiban dosen yang mendapatkan hibah penelitian untuk publikasi.

"Ke depan pelatihan spt ini akan tetap berlajut, agar terwujudnya misi  Fakultas Teknik untuk  mewujudkan SDM yg handal dan mandiri, serta profesional. Juga pada tahun 2030 SDM Fakultas Teknik harus 50% memiliki jabatan fungsional lektor dan 50%  lektor kepala. Target tahun ini, harus ada tiga dosen yang studi lanjut doktor," kata Pak Dwi dalam penutupan kegiatan tersebut.

Menurut Bapak Ir. Bambang Sujatmiko, MT selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik Unitomo, "Pelatihan peningkatan kapasitas dosen seperti ini memerlukan kemauan kuat dan komitmen yang kuat, agar setiap dosen merasa membutuhkan untuk berlatih dan bisa bertahan hingga akhir. Tanpa komitmen dan kemauan kuat, maka fasilitasi apapun yang diberikan Dekanat Fakultas Teknik untuk kemajuan bersama, itu tidak akan cukup berdaya guna dan berhasil guna."






Share this Post